Standar Pelayanan Minimal Pendidikan ( lanjutan )


Proses Pencapaian SPM
Pencapaian SPM pada pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dimulai dari kondisi yang ada saat ini, pencapaian SPM sampai dengan memenuhi SNP. Tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
1)    Analisis Kondisi
Pada proses pencapaian SPM, analisis terhadap kondisi yang ada dilakukan terhadap aspek pendidik dan ketersediaan sarana dan prasarana. Kondisi yang dilihat dari aspek pendidik adalah kualifikasi dan sertifikasi. Sementara aspek sarana prasarana antara lain buku untuk peserta didik dan set alat/media pembelajaran IPA.
2)     Target SPM
Target pencapaian SPM antara lain setiap SD/MI memiliki pendidik yang berkualifikasi S-1/D-IV dan memiliki sertifikasi pendidik sekurang-kurangnya 2 (dua) orang. Setiap peserta didik memiliki satu set buku yang terdiri atas 4 (empat) mata pelajaran atau buku elektronik yang setara dengan satu set buku dari 4 mata pelajaran serta satu set alat/media pembelajaran IPA tanpa ruang laboratorium.
3)     Pencapaian Standar Nasional Pendidikan
Setelah SPM terpenuhi di semua satuan/program pendidikan, maka pencapaian SNP dicanangkan dengan indikator pencapaian antara lain semua pendidik telah memiliki kualifikasi S-1/D-IV dan sertifikat pendidik. Setiap peserta didik memiliki satu set buku atau buku elektronik lengkap untuk semua mata pelajaran. Setiap satuan/program pendidikan minimal memiliki laboratorium dan set alat/media pembelajaran IPA, laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer. Juga setiap satuan/program pendidikan memiliki tenaga administrasi.  
Disadur dari : Pedoman Pelaksanaan
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP)
Kementerian Pendidikan Nasional
2010

0 komentar:

Poskan Komentar

< tinggalkan pesan anda >