Contoh Khutbah Jumat Ke 2

Posting kali ini kami tuliskan contoh khutbah jumat ke 2

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا} وَقَالَ: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا}
ثُمَّ اعْلَمُوْا فَإِنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَالسَّلاَمِ عَلَى رَسُوْلِهِ فَقَالَ: {إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا}.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَأَقِمِ الصَّلاَةَ


.

Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa


Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa
Melalui Pengembangan Diri, Integrasi Mata Pelajaran, Dan Budaya Sekolah


  1. Program Pengembangan Diri
a.      Kegiatan rutin sekolah ( misal : membersihkan kelas , upacara bendera dll )
b.      Kegiatan spontan
c.       Keteladanan
d.      Pengkondisian
  1. Pengintegrasian dalam mata pelajaran
    1. Mengkaji Standar Komptensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)     pada Standar Isi (SI) untuk menentukan apakah nilai-nilai budaya     dan karakter bangsa yang tercantum itu sudah tercakup di dalamnya
    2. Menggunakan tabel 1 yang memperlihatkan keterkaitan     antara SK dan KD dengan nilai dan indikator untuk     menentukan nilai yang akan dikembangkan
    3. Mencantumkankan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa    ke dalam silabus
    4. Mencantumkan nilai-nilai  yang sudah tertera  dalam silabus ke dalam RPP
    5. Mengembangkan proses pembelajaran peserta didik secara aktif  yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan  internalisasi nilai dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai
    6. Memberikan bantuan kepada peserta didik, baik yang mengalami  kesulitan untuk menginternalisasi nilai maupun untuk menunjukkannya  dalam perilaku.

  1. Budaya Sekolah
kegiatan-kegiatan yang dilakukan kepala sekolah, guru, konselor,
tenaga administrasi ketika berkomunikasi dengan peserta didik
dan menggunakan fasilitas sekolah


Prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
1. Berkelanjutan
2. Melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah
3. Nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan contoh warung kejujuran
4. Proses pendidikan dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa


Pengertian
Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik.
Budaya adalah keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat.
Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa adalah Suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik agar mampu melakukan proses internalisasi, menghayati nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.

Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
  1. Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa
  2. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius
  3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik
  4. Mengembangkan kemampuan peserta didik dan mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah

Pengumuman Penerimaan Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2011.

Bagi yang butuh info beasiswa santri berprestasi :
KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4,
Telepon : 3811642, 3811654, 3812216, 3812679, 3811214
JAKARTA
Diberitahukan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan: “Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2011”. Sehubungan dengan itu disampaikan hal-hal sebagai berikut:
1) Dalam rangka meningkatkan akses pendidikan tinggi dan kualitas pendidikan Islam bagi santri berprestasi, Kementerian Agama RI, bermaksud menjaring santri terbaik di kelas III pada Madrasah Aliyah (MA), SMA, SMK, Diniyah Ulya (Mu’adalah), dan Pendidikan Kesetaraan Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren untuk mengikuti program pendidikan tinggi melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).
2) Pendaftaran seleksi akan dimulai pada tanggal 1 s/d 23 April 2011 di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi se-Indonesia.
3) Tes seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2011 di 33 Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi.
4) Dimohon kepada Saudara untuk menginformasikan kepada pimpinan pondok pesantren yang ada di wilayah saudara.
5) Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Seleksi PBSB Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan nomor telepon 021-3811810 atau melalui website http://www.pondokpesantren.net/atau www.ditpdpontren.com.
Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
A.n. Direktur Jenderal,
Direktur Pendidikan Diniyah
Dan Pondok Pesantren
ttd
Choirul Fuad Yusuf
NIP.195712131985031002
Tembusan Yth.
Bapak Dirjen Pendidikan Islam, Jakarta
Moga bermanfaat…,