Khutbah Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal


بسم لله الرحمن الرحيم
الحمد لله الذى هذانا لهذا وماكنا لنهتدى لولا ان هدانا الله . اشهد ان لااله الا الله وحده لا شريك له , و اشهد ان محمدا عبده ورسوله , اللهم صل وسلم وبارك على سيّدنا محمد و على اله واصحابه و التابعين و من تبعهم بإحسان الى يوم الدين . امّا بعد  فيا ايّها الحاضرون اوصيكم واياى بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون . قال الله تعالى  اعوذ بالله من الشيطان الرجيم  ياايّها الذين امنوا تقوا الله حقّ تقاته و لا تموتنّ الاّ وانتم مسلمون .
Ma’asyrol muslimin rohimakumulloh..,
Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT dengan selalu berusaha mentaati segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya, karena kemuliaan di sisi Alloh dan kebahagian dunia dan akhirat hanya dapat dicapai dengan jalan taqwa yang sebenar-benarnya.
Suasana Idul Fitri masih kita rasakan, gema takbir kemenangan masih tergiang ditelinga kita. Semoga  Alloh SWT mengampuni segala dosa-dosa kita, setelah kita melaksankan puasa di bulan Ramadhan dan menunaikan akat fitrah. Dan dosa dosa terhadap sesame juga terampuni dengan melaksanakan halal bihalal bersilaturahmi saling memaafkan diantara kita , amin ya robbal ‘alamin.
Namun demikian, kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada karena pada hari raya tiba, panglima Iblis memekik, menjerit histeris mengumpulkan prajurit-prajuritnya, member komando agar bekerja keras membalas kekalahannya selama bulan Ramadhan dengan menjerumuskan umat Islam ke dalam kenistaan. Dengan menggoda agar umat Islam kembali mengikuti hawa nafsunya.

Rosululloh SAW bersabda :
انّ ابليس عليه اللعنه يصيح فى كلّ عيد فيجتمع اهله عنده فيقولون يا سيّدى من اعضبك ؟ انّا نكسره, فيقول لا شىء وللكن الله تعالى قد غفر لهذه الامّة فى هذا اليوم فعليكم ان تشغلوهم باللّذات و الشّهوات و شرب الخمر حتّى يغضبهم الله
Artinya: Sesungguhnya Iblis yang terkutuk setiap hari raya menjerit sehingga prajurit-prajuritnya berkumpul dan bertanya,” Hai tuan kami.., apa yang membuat paduka marah? Kami siap menyerang dan memporak porandakannya”. Iblis menjawab “ tidak ada apa-apa, tapi pada hari raya ini Alloh telah mengampuni dosa-dosa umat Islam karena itu godlah mereka, palingkan perhatian mereka pada hal-hal yang lezat dan syahwat hingga Alloh memurkainya.
Hadirin siding jum’at Rohimakumulloh..
Setelah ceremonial ritual Idul fitri selesai kita laksanakan, ada amalan puasa sunah dibulan Syawal yang perlu kita perhatikan dan kerjakan yaitu puasa 6 hari di bulan syawal. Karena puasa 6 hari di bulan Syawal  ini merupakan penyempurna puasa Ramadhan dan sangat besar pahalanya
Rasulullah SAW bersabda
من صام رمضان ثمّ اتبعه ستّا من شوّال كان كصيام الدّهر
Artinya : Barang siapa berpuasa dibulan Ramadhan , lalu ia mengikutinya dengan puasa 6 hari di bulan Syawal , maka ia seperti puasa setahun penuh.
Pengertian yang terkandung dalam hadits tersebut adalah semakna dengan ayat Alqur’an surat Al a’am ayat 160
من جاءبالحسنة فله عشر امثالها
Artinya : Barang siapa dating dengan membawa satu kebaikan maka baginya mendapat pahala 10kali lipat.
Jika kita hitung puasa ramadhan 30 hari ditambah dengan puasa syawal 6 hari adlah 36 hari. 36 hari jika kita kalikan 10 maka menjadi 360 hari yang berarti pulua satu tahun penuh.
Hadirin siding Jum’at Rohimakumullah…
Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda :
انّ الله خلق السّموات والارض فى ستة ايّام من شوّال فمن صام تلك السّتّة كتب الله تعالى له بعدد كلّ خلق حسنة ويمحو عنه سيّئاته و يرفع درجاته 
Artinya : Sesungguhnya Allah SWT menciptakan langit dan bumi selama enam hari di bulan syawal karena itu barang siapa berpuasa pada enam hari tersebut maka Allah SWT mencatat kebaikan baginya sejumlah makhluk-Nya dan Allah SWT menghapus segala kesalahannya serta mengangkat derajatnya.
Hadirin jamah Jum’ah Rahimakumullah…
Berkaiatan dengan pahala puasa 6 hari di bulan Syawal ada sebuah kisah yang di ceritakan oleh Sufyan Asy Syauri, Sufyan Asy Syauri berkata : sewaktu aku berada di Makkah selama tiga tahun, aku mengenal seorang penduduk Makkah yang tiap hari melakukan sholat dan towaf. Sehingga aku pada suatu hari aku berkenalan dan berteman, pada suatu hari laki-laki tersebut jatuh sakit , datanglah aku kerumahnya kerena memenuhi permintaannya. Ia berwasyiat kepada saya “ jika aku meninggal , engkau harus memandikanku, mengkafani dan mengkuburkan aku, malam itu juga, tapi jangan kau tinggalkan aku sendirian dalam kuburku. Aku mohon engkau berkenan bermalam disamping kuburku dan talqinlah aku jika Munkar dan Nankir dating menannyaiku. Demikianlah, aku sanggupi wasiatnya dan aku laksanakan janjiku ketika  dia wafat. Ketika aku bermalam disamping kuburnya untuk berjaga-jaga, aku yang dalam keadaan setengah tidur mendengar suara sayup-sayup yang memanggilku , “ wahai Sufya..! ia tidak butuh penjagaanmu dan talqinmu.” Tanyaku “ kenapa begitu?” sebab ia telah berpuasa Ramadhan dan mengikutkan puasa 6 hari dibulan Syawal” jawab suara tersebut. Lantas aku bangun tapi aku tidak melihat seorangoun. Maka aku berwudhu sholat dan kembali ke samping makannya. Dalam setengah tidurku aku melihat lagi orang yang memanggilku sebanyak tiga kal. Akhirnya aku sadar bahwa suara tersebut berasal dari Alloh SWT, bukan dari SYetan yang terkutuk kemudian aku pulang meninggalkan kuburnya dan berkata “ Ya Tuhanku.. ! berilah aku pertolongan untuk mengerjakan puasa Ramadhan dan enam hari di bulan Syawal.
Hadirin Sidang Jum’at Rahimakumullah…
Demikianlah pahala-pahala yang dijanjikan Oleh Rasulullah SWT bagi umatnya yang berpuasa 6 hari dibulan Syawal, karena hal tersebut marilah kita tunaikan ibadah sunnah di bulan syawal ini dengan penuh semangat dan ikhlas . perlu diketahui bahwa puasa 6 hari dibulan Syawal ini tidak harus berturut-turut, namun bias dilakukan dengan berselang selang sehari atau dua hari puasa kemudian berhenti kemudian berpuasa lagi sampai 6 hari. Yang penting 6 hari tersebut masih ada di bulan syawal.
بارك الله لى و لكم فى القران العظيم ونفعنى وايّاكم بمافيه منالايات والذّكر الحكيم انّه هو البّر الرّؤف الرّحيم.  تعالى  اعوذ بالله من الشيطان الرجيم  . بسم لله الرحمن الرحيم  من جاءبالحسنة فله عشر امثالها ومن جاء بالسّيّئة فلا يجز الاّ مثلها وهم لا يظلمون
وقل رب اغفر وارحم وانت خيرالراحمين .

0 komentar:

Poskan Komentar

< tinggalkan pesan anda >